twitter

DEMOKRASI INDONESIA

Menurut Torres demokrasi dapat dilihat dari dua aspek yaitu pertama, formal democracy dan kedua substansive democracy, yaitu menunjuk pada bagaimana proses demokrasi itu dilakukan (Winataputra,2006)
Formal democracy menunjuk pada demokrasi dalam arti system pemerintahan. Hal ini dapat dilihat dalam berbagai pelaksanaan demokrasidi berbagai Negara. Dalam suatu Negara misalnya dapat diterapkan demokrasi dengan menerapkan system presidensial, atau system parlementer.
System presidensial : system ini menekankan pentingnya pemilihan presiden secara langsung, sehingga presiden terpilih mendapatkan mandate secara langsung dari rakyat. Dalam system ini kekuasaan eksekutif (kekuasaan menjalankan pemerintahan) sepenuhnya berada di tangan presiden. Oleh karena itu presiden adalah merupakam kepala eksekutif (head of government) dan sekaligus menjadi kepla Negara (head of state). Presiden adalah penguasa dan sekaligus sebagai symbol kepemimpinan Negara System demokrasi ini sebagaimana diterapkan di Negara amerika dan Negara Indonesia.
System parlementer : system ini menerapkan model hubungan yang menyatu antara kekuasaan eksekutif dan legislative. Kepala eksekutif (head government) adalah berada di tanagn seorang perdana menteri .

0 komentar:

Posting Komentar